Search

Mengenal Tumbuhan Saliara Dan Kegunaanya,Kalian Wajib Baca

 

Mengenal tumbuhan saliara dan kegunaanya
Mengenal Tanaman Saliara dan Kegunaanya


Garsel News - Tumbuhan Saliara (Lantana camara) memiliki banyak nama sebutan di setiap daerah seperti kembang satek di daerah Jawa Barat, tembelekan di daerah Jawa Tengah atau juga tamanjho di Pulau Madura.



Menariknya, tumbuhan liar ini disebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Di mana akarnya berkhasiat untuk pereda demam, penawar racun dan penghilang nyeri. Sementara daunnya berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal dan mengempiskan bengkak. Sedangkan bunganya berkhasiat untuk penghenti pendarahan



Sampel  pada penelitian adalah daun saliara yang diambil dari berbagai daerah di Kaltim yaitu Kutai Timur, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sampel daun selanjutnya dikeringkan dan dibuat serbuk. Masing-masing sampel daun dilarutkan dalam etanol 96% dan dimaserasi selama 24 jam. Kemudian dilakukan uji fitokimia untuk mengetahui adanya alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, steroid, dan triterpenoid.




Hasil uji fitokimia ekstrak daun saliaramenunjukkan adanya kandunganbahan aktif tannin, saponin, steroid. Kandungan bahan aktif yang terdapat pada ekstrak daun tersebut memiliki potensi sebagai pestisida nabati karena dapat mempengaruhi serangga hama dan bakteri penyebab penyakit pada tanaman holtikultura.

Dikutip Dari Berbagai Sumber

Penulis : Deni P