Search

Tokoh Seni Tradisonal Hadroh Dari Bojong Bungbulang


Tokoh  Seni Hadroh Di Kecamatan Bungbulang Garut.



Bungbulang,Garselnews.my.id

 Seni musik tradisional,Hadroh yang  desa  Bojong salastu desa  tertua di Kecamatan Bungbulang kabupaten Garut Jawa Barat.

 


Seni musik hadroh ini merupakan kesenian yang sudah  terkenal  khususnya masyarakat Bojong,mereka terus mengembangkan kesenian tersebut dengan genereasi generasi baru.



Salah satu tokoh seni musik hadroh di Bojong Bapak Dumyati,menjelaskan kepada TimGSN bahwa arti dari Hadroh yang saya tau adalah hadoroh atau hadra.

Seni Hadroh ini sering pentas di acara-acara tertentu seperti 17 Agustusan , hajatan sunatan, lahiran,serta acara-acara lainnya,bahkan pernah tampil di Acara HJG (Hari Jadi Garut).

Jugapernah pentas di  daerah lainSeperti Ciamis,Bandung,Sumedang,dan daerah lain di jawa barat.


Bagi siapa saja untuk mendapatkan ke ahlian dalam memainkan seni Hadroh ini , bisa di mana saja..tinggal nanti pelatihnya yang datang ke lokasi latihan.tapi yang sudah berjalan saat ini ,di rumahnya kang Hasan salah satu tokoh Hadroh sekarang,yang dilaksanakan setiap hari Minggu.



Sebelumnya tokoh seni musik Hadroh ini,dulu di pimpin oleh alm Bpk Subron Surahman (wafat 2008) kp ci kaleang Bojong dan alm pak Empud Mahpudin(2018) termasuk di dalam nya dll dlm generasi tsb.


Semua dokumen hadro Bpk Surahman kini di turunkan kepada generasinya yaitu Bp Engkun suparna sbg sekdes Bojong saat ini  dan beliau sekligus sbg tokoh  masyarakat serta generasi berikutnya pemegang dukomen. 



Untuk pelatihan selain di rumahnya kang Hasan,di sekolahan pun setiap hari Rabu di sekolah- sekolah SD yang ada di wilayah Desa Bojong.

Pungkasnya .

Penulis : Enjang Yanto