Search

Wisata Muara Ciawi Garut Selatan Mulai banyak Dilirik Pengunjung





Garsel NewsSebuah objek wisata di pesisir pantai selatan Kabupaten Garut yang mulai dilirik pengunjung berada di Desa Cimahi, Kecamatan Caringin. Tiap akhir pekan, objek wisata baru yang memadukan antara keindahan pantai dan hutan ini mulai dipenuhi wisatawan untuk mengusir kepenatan.


Terletak di bibir pantai Ciawi sekaligus di tepi muara sungai Ciawi, terdapat areal hutan buatan yang cukup luas. Hutan ini ditanami ribuan pohon pinus dan katapang, yang kini pohon-pohon tersebut sudah pada besar serta kerindangan daunnya mampu melindungi pengunjung dari sengatan matahari dan gerahnya suasana pantai.


Berada di dalam hutan Muara Ciawi terasa cukup nyaman. Selain bisa menikmati deburan ombak dari jarak dekat karena letaknya berada di bibir pantai, pengunjung pun bisa menikmati suasana hutan yang teduh dalam semilir angin yang menciptakan suasana segar dan tidak gerah,” ujar Dede, salah seorang pengunjung Minggu Lalu


Ia mengaku sangat senang dengan kondisi di objek wisata Muara Ciawi yang masih alami. Artinya, di tempat itu belum ada fasilitas wisata dan jamahan-jamahan yang mengarah pada rusaknya suasana alam. “Di areal hutan misalnya tidak ada fasilitas tempat duduk yang dibangun khusus, sehingga kami masih bisa menikmati duduk secara lesehan dengan beralaskan tikar,” sambung Dede.


Ia juga mengaku sudah beberapa kali datang ke tempat itu setelah objek wisata Muara Ciawi dibuka untuk dimasuki pengunjung. Sebelumnya, Dede selalu berwisata dengan mengunjungi objek wisata Rancabuaya dan sejumlah objek wisata lainnya di pantai Garut Selatan. “Ke Muara Ciawi sebelumnya hanya melewati saja. Sekarang sudah menjadi destinasi wisata alternatif,” tuturnya. 

*Tim*