Search

Satu Dekade Rudy-Helmi : Garut Rayakan Keberhasilan dengan Nyaneut

 

Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka secara resmi pelaksanaan Nyaneut dalam rangka Satu Dekade Rudy Helmi Berbagi Bakti Rudy Helmi yang dilaksanakan di Kampung Tangoli, Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jum'at malam (6/10/2023). 

Erqita News, Cisompet - Bupati Garut, Rudy Gunawan, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, dan jajaran kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), beserta masyarakat, merayakan satu dekade kiprahnya dalama acara Nyaneut, sebuah tradisi khas Kabupaten Garut, yang diadakan di Kampung Tangoli, Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jum'at malam (6/10/2023).


Dalam sambutannya, Bupati Rudy menyampaikan kegembiraannya atas capaian gemilang Kabupaten Garut sebagai pemerintah daerah berkinerja paling baik antar pemerintah daerah seluruh Indonesia. Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama memimpin Garut.


"Kemarin sudah disampaikan oleh Bapak Mendagri, dan tentu kita mendapatkan hadiah yang paling banyak diantara pemerintah daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia yang hari penghargaannya diserahkan oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Garut yang diwakili oleh Bapak Helmi Budiman," ucap Bupati Garut.


Mengingat masa jabatannya yang akan segera berakhir, Bupati Garut berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya dalam melaksanakan tugas sebagai Bupati Garut. Ia juga mengungkapkan permohonan maafnya kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Garut bilamana terdapat kekurangan dalam pelayanan.


Berkaitan acara Malam Nyaneut, bupati menuturkan, bahwa  ini bukan sekadar pesta, tapi juga sebuah perayaan kegembiraan untuk memperingati satu dekade kerja keras Bupati Rudy dan Wakil Bupati Helmi. Acara ini menjadi wujud budaya dan kebersamaan yang memeriahkan Kabupaten Garut.


Rudy mengat, tempat ini, yang dahulu dianggap 'angker' dan tak tersentuh, kini bertransformasi menjadi tempat yang lebih baik. Hal ini memungkinkan penyelenggaraan acara Nyaneut dalam rangka Satu Dekade Rudy Helmi.


"Suasana baru seperti ini sangat luar biasa. Apalagi ini adalah tempat yang sangat pada saat itu sanget (angker), ini adalah tempat berkumpulnya ratusan babi hutan dan ini tidak pernah tersentuh," katanya.


Rudy menuturkan, Nyaneut tidak hanya menghidangkan teh dan makanan, tetapi juga diiringi oleh kesenian khas Kabupaten Garut. Berbagai jenis minuman, seperti teh, kopi, bandrek, dan bajigur turut memeriahkan suasana.


"Dengan apapun kita bergembira disini, itu adalah ciri khas Nyaneut. Tapi ada air baik teh, kopi, maupun minuman bandrek, bajigur, dan lain sebagainya sambil kita gembira," lanjutnya.


Rudy menambahkan, bahwa ciri khas Nyaneut yaitu di mana semua orang harus dapat bergembira dengan berbagai acara hiburan.


"Pada hari ini sampai semalam suntuk ini sudah disiapkan berbagai hiburan ada berbagai macam nah kita ini adalah budaya, Nyaneut itu adalah dalam rangka untuk melepas saya dan dr. Helmi sebagai Bupati dan Wakil Bupati yang dua periode bersama-sama," tandasnya.

______________________________

Penulis : Nindi Nurdiyanti