Search

Kondisi Geografi Obyek Wisata Pantai Rancabuaya Kec Caringin Garut Yang Memikat Para Wisatawan


Guru SMAN 28 Garut yang bernama Apep Kusnandar, S.Pd yang lulus kuliah pada Perguruan Tinggi UNIBBA (Universitas Bale Bandung) pada tahun 2008, beliau mengajar di seluruh kelas IPS pada sekolah terkait pada bidang mata pelajaran geografi, beliau telah menulis artikel terkait kondisi geografi obyek wisata yang dimiliki wilayah Kec. Caringin khususnya Desa Purbayani, Sabtu, 2/3/2024.

Pada artikel mata pelajaran georafinya guru SMAN 28 Garut, Apep Kusnandar menjelaskan, "Obyek wisata yang dimiliki Desa Purbayani Kec. Caringin Garut di antaranya yaitu Pantai Leuweung Datar, Pantai Gemblongan, Pantai Pelabuan, Pantai Cidora atau Pantai Cilame, dan Pantai Sodong Bodas di sebelah Timur Pantai Gemblongan, seluruh lokasi obyek wisata pantai yang berada di wilayah Desa Purbayani tersebut bisa dinikmati dari ketinggian antara 40 meter sampai 60 meter dpl (di atas permukaan laut) juga bisa dinikmati dari pesisirnya turun dari ketinggian daratan, tetapi untuk poto-poto dan selpi lebih indah dinikmati dari ketinggian," jelasnya.

Lebih lanjut pada artikel guru geografi SMAN 28 Garut Apep Kusnandar berucap, "Kondisi bentang georafi obyek wisata pantai yang ada di wilayah Desa Purbayani Kec. Caringin Garut Jawa Barat tersebut mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan berbagai kota di Jawa Barat seperti kota Garut, Bandung, Banjar, Tasik , Bogor dan lain-lain banyak yang berkunjung ke lokasi tersebut, kearifan lokal dari obyek wisata yang disuguhkan sangat menarik wisatawan karena dari keuntungan letak geografi seluruh pantai yang ada di wilayah Desa Purbayani tersebut bisa dinikmati dari ketinggian sehingga panorama pantai sangat menawan," ungkapnya.

Seterusnya guru geografi SMAN 28 Garut, Apep Kusnandar pada artikelnya berucap, "Obyek wisata yang ada di wilayah Kec. Caringin yang lain menyuguhkan keindahan walaupun dilihat secara georafi tidak berlokasi atau bisa dinikmati dari ketinggian, lokasi pantai tersebut yaitu Pantai Karangmodang di Desa lndralayang, Muara Pantai Cilayu di Desa Samudrajaya, Muara Pantai Ciawi di perbatasan Desa Samudrajaya dan Desa Cimahi, dan yang paling barat lokasi Pantai Muara Cilaki yang berbatasan dengan Kec. Cidaun Kab. Cianjur" ungkapnya.

Terakhir guru geografi SMAN 28 Garut Apep Kusnandar pada artikelnya berkata, "Seluruh lokasi obyek wisata tersebut bisa diakses melaui survey _google map_ atau bisa diakses pada berbagai akun youtube yang menyuguhkan situasi pantai selatan dan wisatawan dari berbagai kota bisa mempelajarinya, mana yang ingin mereka kunjungi. Perlu diketahui Pantai Rancabuaya yang berada di wilayah Desa Purbayani fasilitas publiknya sudah cukup lengkap seperti mesjid, penginapan, hotel, tempat pertemuan dan lain-lain, kami terkait kondisi geografi pantai yang ada di wilayah Kec. Caringin memakai dokumen akun Youtube Update Garsel," pungkasnya.

*Penulis Artikel :*
*Apep Kusnandar, S.Pd*
*Rusmin*